Apa Khasiat Daun Pegagan?

gingko biloba

Daun pegagan biasa diseduh sebagai teh herbal. Ada terhitung yang memakannya mentah-mentah sebagai lalapan. Daun pegagan merupakan salah satu herbal yang limpah dapat kandungan antoksidan. Meski rasanya agak pahit namun khasiat daun pegagan bagi tubuh tidak perlu diragukan lagi.

apa itu batu hajar jahanam ?

Pegagan (Centella asiatica) merupakan tanaman liar gulma yang tumbuh subur di pinggir jalan, ladang, perkebunan dan pematang sawah. Tumbuhan ini berasal dari wilayah tropis Asia, berawal dari Asia Tenggara (termasuk Indonesia) lantas menyebar ke berbagai belahan bumi lain. Tanaman pegagan terhitung biasa dikenal bersama nama lain yakni daun kaki kuda dan antanan.

 

Daun pegagan udah dimanfaatkan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu. Orang-orang dulu sering menggunakannya untuk obat penyakit kulit, problem saraf, serta melancarkan peredaran darah. Di Malaysia, daun pegagan sering digunakan sebagai bahan baku untuk produk kecantikan apabila krim anti kerutan, krim selulit, serta krim pengencang kulit wajah.

 

Berikut adalah beberapa khasiat daun pegagan.

 

Menjaga Kepadatan Tulang. Daun pegagan punyai kandungan kalsium, kalium, magnesium, serta zat besi yang merupakan mineral-mineral mutlak untuk memeliharan kepadatan, menguatkan, serta menjauhkan tulang dari risiko keropos.

Sebagai Antibiotik Alami. Daun pegagan mempunyai kandungan senyawa asiatikosid yang bermanfaat dalam memperkuat sel-sel kulit serta melakukan perbaikan kerusakan yang ada, dan terhitung memperkuat proses imun tubuh.

Untuk Mengobati Maag. Terdapat kandungan mineral magnesium dalam daun pegagan yang dapat membuat sembuh penyakit problem lambung terhitung maag.

Selain khasiat-khasiat khusus di atas, daun pegagan terhitung dapat dijadikan obat penenang alami gara-gara mempunyai kandungan senyawa triterpenoid yang sebetulnya punyai kegunaan untuk memberikan pengaruh menenangkan secara mental. Senyawa ini terhitung bermanfaat dalam melancarkan peredaran darah menuju otak.

 

Seperti yang udah disinggung diatas, daun pegagan punyai banyak kandungan antioksidan yang benar-benar dibutuhkan demi memelihara kebugaran tubuh. Setiap hari Anda senantiasa diterpa berbagai serangan radikal bebas dari banyaknya polusi dan makanan tak sehat. Disinilah peran antioksidan sebagai penangkal serangan-serangan radikal bebas tersebut.

 

Anda dapat mendapat antioksidan yang cukup bersama berbagai cara, salah satunya ialah bersama mengkonsumsi daun pegagan. Herbal daun pegagan kaya dapat kandungan karetenoid dan asiatikosida—kedua senyawa yang dapat menunjang menangkal serangan radikal bebas sekaligus mendorong mengolah enzim penghasil antioksidan alami di dalam tubuh.

 

Antioksidan pun dibutuhkan untuk menguatkan energi konsentrasi, energi ingat, serta kesiapsiagaan. Dr. Nurliani Bermawie, seorang periset di Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik, menunjukkan bahwa cii-ciri senyawa asiatikosida di dalam daun pegagan dapat menunjang melancarkan aliran oksigen dan nutrisi, terhitung dapat menunjang menjauhkan sel-sel otak dari kerusakan.

 

Daun pegagan sebetulnya punyai banyak kegunaan yang beberapa besarnya berkat limpahnya kandungan antioksidan yang dimilikinya. Jadi, berniatkah Anda coba khasiat daun pegagan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *